Catch on Facebook

Harga bawang dan daging naik terus !!

Harga bawang putih terus bergerak naik. Di tingkat pe­ngecer, komoditas sempat menyentuh Rp100.000/Kgnya. Di pasar tradisional, dipasarkan bervariasi antara Rp80.000 hingga Rp85.000/Kgnya.Sedangkan harga daging sapi segar pada H-1 Ra­madan di sejumlah pasar tradisional Medan dipasarkan bervariasi, mulai Rp120.000 hing­ga Rp140.000/Kg.
Meski terjadi kenaikan, namun permintaan masyarakat juga cukup tinggi dibandingkan hari biasa.
Akibat kenaikan harga tersebut, membuat margin yang diperolehnya juga turut berimbas. Disisi lain, untuk menaikkan harga juga tidak memungkinkan. Untuk bawang putih sendiri kebutuhan rata-rata Indonesia sekitar 500 ribu hingga 600 ribu ton setiap tahun.
Tahun lalu saja Indonesia mengimpor sebanyak sekitar 580 ribu ton dari China. Tahun ini Ke­menterian Perdagangan sudah mener­bitkan persetujuan impor bawang putih kepada 8 perusahaan importir swasta sebesar 115 ribu ton. Ada permasalahan perizin­an impor untuk Bulog akibat dituntut oleh perusahaan pengimpor Bawang kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Karena Bulog tidak menanam 5% dari kuota impor bawang putih yang diatur dalam Permentan 38/2017 tentang rekomendasi impor produk holtikultura
Hal ini disebabkan produksi nasional yang minim dibandingkan kebutuhan­nya. Disisi lain, Kementerian Pertanian juga belum mampu mendorong pe­ningkatan produksi bawang putih, karena harga bawang putih di luar ne­geri, terutama dari China jauh lebih murah dibandingkan biaya produksi bawang putih di tanah air.
Harga bawang dan daging naik terus !! Harga bawang dan daging naik terus !! Reviewed by Jesicca Liem on 3:21 AM Rating: 5

No comments: