Catch on Facebook

SELAMAT DATANG DI BULAN SUCI RAMADAN

Bulan suci Ramadan, bulan yang pe­nuh keutamaan bagi umat Islam kem­bali datang. 
Suasana kehidupan mulai ber­ubah. Umat Islam tampak lebih reli­gius dengan terjadinya peningkatan kuan­titas atau kualitas ibadahnya.
Marhaban ya Ramadan Kalimat itu yang saat ini ma­kin santer diserukan umat Islam di ber­bagai pelosok negeri dan berbagai be­lahan dunia. Di masjid-mas­jid, mu­shala, televisi, koran-koran, radio hingga mailing list dan ponsel pri­badi, ungkapan selamat datang tampil de­ngan berbagai ekspresi yang variatif. Bulan baik yang penuh berkah telah tiba kembali. Selama satu bulan kita berharap bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik. 
Baik yang diharapkan bukan se­kadar mampu menahan lapar dan da­ha­ga, tetapi ibadah puasa mampu mem­buat kita menjadi pribadi yang memiliki karakter sabar dan mampu mengen­dalikan diri. Puasa tidak boleh hanya menjadi ritual semata, tetapi benar-benar menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas diri.Banyak nilai yang kita petik ketika menjalankan ibadah puasa. Tidak sedikit li­teratur dan referensi kajian tentang makna puasa yang mengatakan bahwa ber­agam nilai yang kita petik dari ibadah puasa di bulan Ramadan seperti nilai sosial, kesehatan, spiritual hingga ke­pribadian. Hikmah dari puasa diharapkan untuk ikut merasakan rasa lapar dari orang yang tidak mampu. Dengan demikian, dapat meningkat­kan empati kepada me­reka. Tetapi terdapat pertanyaan akan efek­tifi­tasnya. Dengan alasan telah me­na­han lapar selama berpuasa, kita selalu meng­kon­sumsi makanan jauh lebih ba­nyak saat berbuka puasa dan dalam menu yang lebih mewah. Dari tahun ke tahun, harga daging, ayam, dan kebutuh­an sem­bako lain selalu meningkat men­jelang dan se­lama Ramadan karena pe­ning­katan per­mintaan. Padahal jika meng­ingat hikmah puasa untuk menahan diri, seharusnya berbagai konsumsi yang berlebihan tersebut kita kurangi. 
SELAMAT DATANG DI BULAN SUCI RAMADAN SELAMAT DATANG DI BULAN SUCI RAMADAN Reviewed by Jesicca Liem on 6:46 PM Rating: 5

No comments: