Catch on Facebook

Buat Indonesia lebih indah dan lebih baik dengan kerjasama


Setiap tanggal 17 Agustus, diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia untuk mengingatkan betapa besar perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan, tanpa memilih-milih untuk siapa mereka mengorbankan diri. Jangan sia-siakan perjuangannya, yuk bikin Indonesia lebih keren dengan bermodalkan semangat kerjasama.

Keanekaragaman Bukan Masalah
Akhir-akhir ini, persoalan yang menyangkut SARA atau Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan makin meruncing, terutama melalui media sosial. Padahal, dulunya keanekaragaman inilah yang menjadi kebanggaan dan tertuang dalam semboyan Bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Mulailah dari diri sendiri dengan meyakini keberagaman tersebut merupakan anugerah dan bersikap dewasa dalam menanggapi perbedaan yang ada. Tidak perlu terpancing akan berita atau kebencian terhadap satu suku, agama, maupun ras, apalagi sampai ikut-ikutan memperkeruh suasana.

Gotong Royong Membangun Bangsa
Negara Indonesia tidak bisa berdiri sendiri jika hanya mengandalkan pada satu atau dua orang saja. Jika ingin memiliki negara yang maju, yuk dorong diri untuk ikut membangun bangsa. Masih banyak kok warga yang ingin bangsanya maju dan berkembang seperti negara-negara adikuasa lainnya. Tapi bukannya fokus belajar dan bekerja, tapi malah sibuk menghujat, mencela, dan bahkan ikut menyebar berita bohong. Daripada buang-buang waktu dan tenaga, pusatkan perhatian untuk membangun masa depan. Lihatlah apa yang bisa diubah dari diri sendiri dan ubah hal-hal negatif yang dapat menghalangi kesuksesanmu. Selain itu, gunakan saja prinsip gotong royong untuk ikut serta dalam pembangunan negara, misalnya rutin dan tepat waktu membayar pajak, mengikuti aturan dan norma yang berlaku, serta ikut menjaga toleransi yang sudah terjalin.

Tunjukkan Hasil Luar Biasa pada Dunia
Memiliki rasa bangga pada tanah air akan memicu semangat untuk bekerjasama dan ingin berpartisipasi dalam pembangunannya. Mulailah dari hal yang kecil dengan mencintai budaya dan melestarikannya, ikut menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan, serta lebih memilih menggunakan produk buatan lokal atau tujuan liburan dalam negeri. Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa berpartisipasi dalam memperlihatkan kondisi negara Indonesia yang damai, aman, dan nyaman. Hindari menyebarkan berita hoax atau berita yang dapat menyulut perpecahan di antara masyarakat, serta tunjukkan hal-hal baik yang memperlihatkan identitas diri penduduk yang terkenal ramah dan bekerjasama.
Buat Indonesia lebih indah dan lebih baik dengan kerjasama Buat Indonesia lebih indah dan lebih baik dengan kerjasama Reviewed by Jesicca Liem on 2:57 PM Rating: 5

No comments: