Catch on Facebook

Tol Jakarta-Semarang Sudah Ditargetkan Beroperasi Tahun 2017 Ini

Menteri Pekerjaan Umum jalan dan penerangan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tiga ruas jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Semarang akan bisa beroperasi tahun ini. Diharapkan, jalur ini dapat dilalui pemudik pada musim mudik Lebaran 2017 yang jatuh pada bulan Juni ini.



ketiga ruas jalan tol yang di bangun tersebut, yakin di tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang. Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol PT Jasa Marga, PT WAskita dan PT Sumber Mitra Jaya sepakat akan untuk menjaga ritme perkerjaan dan supaya bisa cepat selesai tepat pada waktu nya. Sehingga, beroperasinya jalan tol yang baru ini bisa di harapkan dapat mengurangi kemacetan yang selalu menjadi masalah di mudik Lebaran tahun ini.



"Untuk kunjungan kali ini ada dua tujuan jalur nya yaitu memastikan jalan tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya sepanjang 650 km ditargetkan selesai 2018. Dan yang kedua adalah untuk menyakinkan mudik 2017 akan selesai tembus tidak hanya sampai ke Pemalang tapi akan bisa sampai ke Ngaliyan, Semarang. Walaupun fungsional namun sudah di bekali atau di lapisi beton," ujar nya Pak Basuki melalui siaran pers.



Dengan fungsionalnya jalan tol trans Jawa sampai Semarang, jalur alternatif untuk rekayasa lalu lintas semakin  banyak, karena arus lalu lintas terpecah tidak bisa lagi hanya terfokus di Brebes Timur seperti tahun lalu.

Saat ini, konstruksi pembangunan ruas jalan tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 sudah mencapai 57,25 persen dan pembebasan lahannya mencapai 98%. Meski ditargetkan rampung keseluruhan pada Desember 2017 ini, diharapkan secara fungsional dapat dilalui pada arus mudik Lebaran tahun ini.



Jalan tol Pejagan-Pemalang memiliki panjang 57,5 km dan terdiri dari 4 seksi. Untuk seksi 1 dan 2 hingga keluar Brebes Timur telah dioperasikan pada Juni 2016 lalu. Sedangkan, ruas tol Pemalang-Batang memiliki panjang 39 km.

Sementara, ruas jalan tol Batang-Semarang sudah dapat dilalui di beberapa lokasi khusus nya. Ruas yang memiliki panjang 75 km tersebut terdiri dari 5 seksi. Konstruksinya telah mencapai sebagian 10,95 persen dan pembebasan lahan sudah mencapai 65,15 persen
Tol Jakarta-Semarang Sudah Ditargetkan Beroperasi Tahun 2017 Ini Tol Jakarta-Semarang Sudah Ditargetkan Beroperasi Tahun 2017 Ini Reviewed by Jesicca Liem on 12:49 AM Rating: 5

No comments: