Catch on Facebook

Jack Ma: 9+9=19, Ma di Protes Oleh Semua Orang, Tapi Akhirnya Mereka Merinding Sendiri


Jack Ma, seorang pebisnis berkebangsaan China yang merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Karena ia dikenal sebagai pendongkrang semangat anak-anak muda, ia pun di undang ke dalam salah satu acara untuk memberikan sedikit pengajaran.

Awalnya banyak yang heran dengan ajarannya yang konyol itu, tetapi sebenarnya memiliki arti yang sangat dalam.

Jack Ma menuliskan sedikit angka penjumlahan yang sangat mudah:

2+2 = 4

4+4 = 8

8+8 = 16

9+9 = 19

4 penjumlahan di atas merupakan hitungan matematika yang sangat mudah, tapi kalau kamu perhatikan dengan teliti, ada yang aneh dari perhitungan tersebut.

Tiga penjumlahan di atas sudah benar, tapi penjumlahan terakhir salah. 9+9 harusnya menghasilkan nilai 18. Karena kesalahannya itu, ia langsung di protes oleh banyak orang. "Penjumlahan terakhir itu salah!," kata salah seorang pengunjung.

Ma pun menanggapi keluhan itu, "Ya, jawaban soal ini memang salah. Tapi 3 soal di atas saya jawab dengan benar.. Tapi kenapa kalian tidak memuji saya, tapi malah cuma melihat kesalahan saya di 1 soal?"

Kalimat sederhana ini mengandung makna yang sangat dalam dan realistis. Seberapa banyak kita berbuat baik kepada orang, hal itu pasti akan di lupakan ketika kita melakukan satu kesalahan saja. Dan kesalahan tersebut tidak akan pernah di lupakan.

Ini adalah takdiru kehidupan yang sudah tidak bisa di hindari lagi. Maka dari itu, untuk kalian yang pernah berbuat salah, tidak perlu terlalu sedih, karena kalian sudah tahu apa yang di pikirkan orang ketika kita melakukan sebuah kesalahan.

Bangkitlah dari kesalahan dan jangan pernah berhenti memperbaiki diri1 Semua orang yang sukses tidak pernah memiliki jalan yang mulus untuk mencapainya.
Jack Ma: 9+9=19, Ma di Protes Oleh Semua Orang, Tapi Akhirnya Mereka Merinding Sendiri Jack Ma: 9+9=19, Ma di Protes Oleh Semua Orang, Tapi Akhirnya Mereka Merinding Sendiri Reviewed by Jesicca Liem on 4:50 PM Rating: 5

No comments: