Catch on Facebook

Terungkap Pengebom Kreta Bawah Tanah St Petersburg



Aparat kepolisian mulai mengumumkan pelaku peledakan di kereta bawah tanah St Petersburg yang menewaskan 14 orang dan melukai puluhan lainnya. Pelaku pengeboman tersebut membuat dua bom rakitan, satu di antaranya berhasil meledak dan satunya lagi berhasil dijinakkan.

Pelaku diketahui bernama Akbarzhon Jalilov. Pria berusia 22 tahun itu merupakan warga negara Rusia, namun dilahirkan di kota Osh, Kyrgyzstan pada 1995.

"Dari penyelidikan diketahui lelaki yang menyalakan bom di dalam gerbong Saint Petersburg metro. Dia adalah Akbarzhon Jalilov," ungkap Komite Penyelidikan Negara Rusia.

Polisi menduga pelaku termasuk salah satu korban tewas dalam ledakan tersebut. Meski demikian, pencarian tetap dilakukan untuk mencari kemungkinan Jalilov melarikan diri usai insiden mematikan itu.

Pejabat Rusia meyakini pelaku memiliki hubungan dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Sayangnya belum ada data lebih lanjut mengenai Jalilov. Meski begitu, media setempat mendapatkan laporan tak terkonfirmasi yang menyebut pelaku berasal dari etnis Uzbek.

Sebuah bom meledak gerbong saat akan meninggalkan Stasiun Sennaya Ploshchad. Saat itu, kereta akan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Tekhnologichesky Institut. Tidak lama berselang ditemukan juga alat peledak yang sama di dekat tembok dekat stasiun lainnya di Ploshchad Vosstaniya.

"Dari bukti-bukti generik dan pengawasan kamera alasan yang memungkinkan adalah pelaku berada di balik aksi teroris di dalam gerbong merupakan orang yang sama saat meninggalkan tas berisi bahan peledak di Stasiun Ploshchad Vosstaniya."



Terungkap Pengebom Kreta Bawah Tanah St Petersburg Terungkap Pengebom Kreta Bawah Tanah St Petersburg Reviewed by Jesicca Liem on 3:52 PM Rating: 5

No comments: